Cara Membuat Cerita Bersambung ( Cerbung ) Agar Banyak Pembaca

Post a Comment

Membuat cerbung ( Cerita bersambung ) atau Cerpen ( cerita pendek ) merupakan suatu halyang mudah, pada intinya kita harus memiliki keinginan dan kreatifitas yang tinggi, menjadi penulis cerpen dan cerbung perupakan suatu hal yang tidak sulit dan juga tidak mudah, namun tenangsaja, macamcerita.com akan membuatkan cara untuk anda dalam membuat cerpen atau cerbung yang baik dan mudah.

cara membuat cerbung agar banyak yang baca


Apa itu cerbung

Cerbung adalah kumpulan beberapa cerita pendek yang di susun demikian rupa sehingga menjadi cerita yang bersambung sambung yang merupakan singkatan dari cerita bersambung. Cerbung merupakan cerita rekaan yang dimuat di surat kabar harian atau majalah, yang ditampilkan secara cerita berbagian per bagian  secara berturut-turut di setiap edisinya. Cerbung ditulis untuk dimuat secara terus menerus dan sengaja dipenggal di bagian yang menengangkan sehingga pembaca akan tertarik untuk membaca bagian selanjutnya. 

Cara membuat Cerbung

membuat cerbung susah susah gampang, yang intinya kalian harus memiliki niat terlebih dahulu untuk membuat cerbung, nah, langsung saja kita menuju tutorial cara membuat cerbung yang bagus dan enak di baca oleh semua kalangan.

Mencari tema Cerbung. 

saat kalian ingin membuat cerbung, hendaknya mencari tema yang ingin kalian jadikan cerbung. carilah tema yang menarik dan mampu mendatangkan pembaca yang banyak.

Mencari judul yang menarik

Judul yang menarik akan mengundang pembaca karena orang orang akan melihat judul kalian terlebih dahulu sebelum membaca, saat kalian sudah mendapatkan tema, akan sangat mudah kalian akan mendapatkan judul yang bagus

membuat kerangka cerita 

setelah kalian menentukan judul, kalian bisa membuat kerangka cerita, jangan sampai kerangka cerita kalian tidak rapi, yang terkesan membingungkan, sebaiknya kalian membuat cerbung yang rapi sehingga cerita kalian enak di baca oleh orang lain dan mereka dapat menikmati cerita yang kalian buat.

Tips membuat cerbung agar banyak pembaca

saat kalian membuat cerbung, pilihlah tema yang menarik untuk di ulas, seperti tentang percintaan, atau pun tema tentang kesedihan, lihat perilaku pembaca, saat kalian baru memulai, kalian bisa melihat perilaku pembaca dari teman terdekat kalian, orang tua kalian, ataupun pacar kalian.

pembaca cerbung


membuat judul yang bikin penasaran orang orang, calon pembaca kalian akan penacaran jika melihat judul cerbung kalian yang tentunya akan membuat mereka penasaran untuk membacanya.

membuat alur cerbung yang tidak membosankan, buatlah pembaca kalian merasa menikmati cerbung kalian, seperti adegan percintaah yang seru dan sedih yg tentunya akan membuat pembaca kalian akan penasaran terus menerus dan merasa enjoy saat membaca cerbung kalian.

Penutup

Kesimpulannya adalah kalian harus sering sering membaca cerbung, dan juga sering sering membuat cerbung agar kalian bisa terbiasa. sering sering latihan dan jangan menyerah untuk membuat cerbung agar banyak pembaca, 

Related Posts

Post a Comment